Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag: MLM dan Waralaba Didorong "Online"

Kompas.com - 04/08/2016, 21:31 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut perdagangan dengan sistem berjenjang (multi level marketing) dan waralaba didorong memanfaatkan secara online.

Saat ini, pemasaran melalui online akan menjadi trend  yang memungkinkan produsen bisa langsung berhubungan dengan pembelinya.

Sekjen Kementerian Perdagangan Sri Agustina menyatakan trend ekonomi digital akan menguat. Karena itu, pihaknya akan mendorong para wirausaha, utamanya pengusaha pemula untuk mulai mengikuti trend ekonomi digital, yakni memanfaatkan jejaring internet.

"Mendorong para wirausaha baru dan mendorong generasi muda untuk inovasi dan kreatifitasnya melalui sistem perdagangan baru, yakni perdagangan online," ujarnya saat membuka Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri, Kamis (4/8/2016).

Sri Agustina menyebutkan bahwa Kemendag akan melakukan pembinaan kepada pelaku usaha guna mulai mengimplementasikan sistem perdagangan alternatif, yakni perdagangan secara online.

Metode perdagangan secara online akan mampu memperpendek mata rantai distribusi. "Produk petani dan peternak segera sampai ke konsumen, kami mengedepankan perdagangan online," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com