Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka GIIAS, Wapres Sebut Pentingnya Peranan Industri Mobil

Kompas.com - 11/08/2016, 12:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, kemajuan industri mobil memiliki peran penting di dalam sebuah negara. Untuk itu pameran mobil yang kerap dihelat dapat menjadi sebuah tolok ukur sebuah keberhasilan negara.

"Industri mobil di banyak negara selalu menjadi indikator yang penting," kata Kalla saat membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/8/2016).

Ia mengatakan, industri mobil memiliki multiplier effect yang besar dari hulu ke hilir. Dari sisi hulu, jika industri itu berkembang, maka industri-industri kecil lainnya yang menjadi pendukung industri itu juga akan berkembang.

Sementara itu, dari sisi hilir, dibutuhkan banyak toko spare part sebagai penunjang perawatan mobil yang telah dibeli atau aftersales.

"Karena itu kenapa, di Amerika ekonominya diukur dua hal, diukur berapa jual mobil dan perumahan. Kita tentu di masa yang akan datang juga bisa diukur dengan hal tersebut," ujarnya.

Lebih jauh, Kalla mengatakan, pertumbuhan industri mobil juga berdampak terhadap pertumbuhan industri logistik. Oleh sebab itu, pemerintah dalam waktu dekat segera membangun sejumlah pelabuhan untuk memudahkan pengangkutan logistik.

Kompas TV Ini Sanksi jika Melanggar Ganjil Genap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com