Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeda Siang, IHSG Melesat Naik 11,07 Poin

Kompas.com - 02/09/2016, 11:52 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada jeda siang perdagangan saham akhir pekan, Jumat (2/9/2016). IHSG berhasil berbalik arah dari posisi terendah di 5.323,04.

IHSG ditutup naik 0,20 persen atau naik 11,07 poin ke level 5.345,62.

Sebanyak 147 saham ditutup naik, sementara 111 saham ditutup turun dan 78 saham ditutup tetap.

Jika pagi tadi investor asing masih melakukan kegiatan lepas portofolio, kini di jeda siang keadaan berbalik. Investor asing yang melakukan aksi beli portofolio mencapai Rp 11,0 miliar berdasarkan data RTI di semua papan perdagangan.

Penguatan sektor properti sebesar 1,46 persen dan penguatan sektor infrastruktur sebesar 0,43 persen mendorong IHSG bergerak di jalur hijau. Sebelumnya, dua sektor tersebut bersama sektor perdagangan dan keuangan dibuka turun di awal perdagangan saham.

Di jeda siang, hanya sektor keuangan dan perdagangan yang ditutup turun. Sementara delapan indeks sektoral lain ditutup naik.

Sejumlah saham penggerak bursa antara lain SMGR, MIKA, WIKA, SILO, PWON. Sedangkan saham pemberat bursa yakni BEKS,BNGA, ICBP, dan CPIN.

IHSG sendiri diperkirakan bergerak bervariasi cenderung menguat pada akhir pekan ini akibat sentimen internal deflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 0,2 persen di Agustus.

Namun, turunnya harga minyak mentah dunia akibat Rusia yang enggan menahan produksi membuat bursa global melemah pagi ini. Hal ini juga bisa menjadi sentimen pemberat bursa sepanjang sesi perdagangan hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com