Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Sidang Paripurna Kabinet, IHSG Jeda Siang Terpuruk 1,07 Persen

Kompas.com - 09/09/2016, 11:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup anjlok 1,07 persen atau turun 57,50 poin ke level 5.313,57 pada jeda siang perdagangan saham akhir pekan, Jumat (9/9/2016).

Dengan demikian, untuk kurun waktu satu bulan, IHSG sudah tertekan 2,03 persen. Walaupun untuk kurun waktu tiga bulan, IHSG masih mencatatkan gain 9,79 persen.

Pelemahan semua sektor pendukung bursa masih berlangsung. Sebanyak 10 sektor yang pagi tadi dibuka melemah, semakin tertekan di jeda siang ini.

Enam dari 10 indeks tertekan di atas satu persen. Sementara sektor yang melemah di bawah satu persen hanya sektor perkebunan, manufaktur, perdagangan, serta industri dasar.

IHSG tertekan pascasidang paripurna Kabinet yang berlangsung pagi tadi di Istana Negara. IHSG tertekan aksi ambil untung jelang libur panjang Idul Adha. Pada Senin (12/9/2016) bursa akan ditutup untuk libur Idul Adha.

IHSG juga kompak mengikuti pelemahan bursa global. Bursa AS tertekan akibat pelemahan saham Apple yang turun 2,6 persen. Sementara bursa Asia tertekan ketidakpastian bank sentral Eropa, ECB, atas kebijakan pelonggaran moneter.

Dari data RTI, volume perdagangan saham di jeda siang mencapai 3,47 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 3,97 triliun.

Sebanyak 70 saham ditutup naik, 196 saham ditutup turun dan 82 saham ditutup tetap. Aksi lepas portofolio investor asing naik menjadi Rp 408,6 miliar di semua papan perdagangan.

Kompas TV BEI Torehkan Rekor Perdagangan Baru
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com