Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Starwood, Marriott Jadi Jaringan Hotel Terbesar di Dunia

Kompas.com - 25/09/2016, 13:33 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Jaringan hotel Marriott International telah menyelesaikan akuisisi senilai 13 miliar dollar AS terhadap jaringan hotel Starwood Hotels & Resorts Worldwide.

Kesepakatan akuisisi yang dilakukan pada Jumat (23/9/2016) waktu setempat ini akhirnya menjadikan Marriott sebagai jaringan hotel terbesar di dunia.

Marriott memiliki jaringan hotel antara lain Marriott, Courtyard, dan Ritz Carlton. Sementara itu, Starwood membawahi jaringan hotel Sheraton, Westin, W, dan St Regis.

Jika dijumlahkan, maka saat ini setidaknya 30 merek hotel berada di bawah payung Marriott dengan total mencapai 5.800 dan 1,1 juta kamar di lebih dari 110 negara.

Kalau dibandingkan, 1 dari 15 kamar hotel di seluruh dunia berada di bawah naungan Marriott.

“Kami memiliki kemampuan untuk menawarkan berbagai macam pilihan. Baik itu pilihan lokasi, jenis hotel, dan jumlah yang diinginkan konsumen,” ujar CEO Marriott Arne Sorenson seperti dikutip dari CNBC, Jumat (23/9/2016).

Dengan adanya akuisisi ini, maka program loyalitas konsumen Marriott dan Starwood pun bisa terintegrasi.

Sorenson mengungkapkan, program loyalitas tersebut merupakan pilihan dan strategi transaksi yang menguntungkan lantaran banyaknya konsumen yang amat loyal dan memiliki pendapatan yang sangat tinggi serta cenderung bermobilitas tinggi pula.

Starwood mulai dijual pada April 2015 lalu. Penjualan ini sejalan dengan upaya Starwood untuk terus bertahan di tengah persaingan yang sengit dengan para rivalnya, khususnya di sektor laynan hotel terbatas yang biasanya berlokasi di sisi jalan bebas hambatan, dekat bandara, atau di kawasan perkantoran suburban.

Layaknya jaringan hotel lainnya, Starwood dan Marriott hanya memiliki sedikit hotel masing-masing. Sebaliknya, mereka mengelola atau mewaralaba merek mereka kepada ratusan pemilik individual, yang seringkali merupakan perusahaan pengembang.

Pemilik hotel individu tersebut bertanggung jawab dalam mengatur tarif kamar. Bukan hal yang aneh jika sebuah pengembang memiliki hotel Marriott, Hilton, Hyatt, dan Sheraton di kota yang sama.

Aksi korporasi yang dilakukan Marriott ini memperluas jangkauan jaringan hotel itu terhadap unit bisnis perjalanan korporat yang biasanya melirik jaringan hotel besar untuk menginapkan semua pegawai mereka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com