Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Layanan Pelabuhan, Empat Pelindo Kerja Sama dengan Enam Perbankan

Kompas.com - 29/11/2016, 15:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN Pelabuhan, yakni PT Pelindo I, II, III, dan IV (Persero) meneken nota kesepahaman dengan enam perbankan nasional.

Kerja sama ini dilakukan guna menyediakan dan memanfaatkan cash management untuk mendukung penerapan Integrated Billing System (IBS).

Kerja sama tersebut dilakukan dengan tiga bank BUMN, yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kerja sama juga dilakukan dengan bank swasta, yaitu BCA, CIMB NIAGA dan Bank Bukopin.

Acara ini disaksikan Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Deputi Bidang Usaha Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Pontas Tambunan.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh seluruh Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, IV (Persero) dan sejumlah direksi bank nasional.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan untuk mengembangkan jasa dan produk perbankan guna peningkatan pelayanan dan solusi ke pengguna jasa pelabuhan.

Kerja sama ini juga merupakan upaya peningkatan dalam perbaikan konektivitas nasional dan kelancaran arus kapal dan barang.

Integrated Billing System (IBS) adalah program Kementerian BUMN untuk mengintegrasikan sistem pelayanan jasa kepelabuhan di pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo I, II, II, III, IV.

Terdapat 6 fitur di dalam IBS, antara lain e-registration, e-booking, e-tracking and tracing, e-payment, e-billing, dan e-care.

"Sebagai saIah satu upaya perbaikan mekanisme koordinasi dan kolaborasi antara operator pelabuhan dengan semua instansi terkait, secara bertahap diambil langkah-langkah untuk menyamakan atau standarisasi sistem yang digunakan oleh seluruh PT Pelabuhan Indonesia I, II. III, IV (Persero)," ungkap Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya di Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Standarisasi sistem IBS yang telah diuji coba di Pelabuhan Tanjung Priok dan kemudian diimplementasikan oleh PT Pelabuhan Indonesia I, III, IV (Persero) mulai dari tiga pelabuhan utama, yakni Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Makassar.

Berdasarkan data tahun 2015, PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero) menangani Iebih dari 13,3 juta TEUs peti kemas Indonesia, baik domestik dan internasional.

"Diharapkan dengan penandatanganan MoU ini, bukan hanya pengguna jasa PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang dapat merasakan kemudahan dan efektivitas pelayanan, tetapi juga seluruh lini masyarakat di Indonesia," ujar Elvyn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com