Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ABN AMRO Prediksi Suku Bunga The Fed Naik Empat Kali pada 2017

Kompas.com - 23/12/2016, 23:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Bank ABN AMRO memprediksi ada kemungkinan bank sentral AS Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) sebanyak empat kali pada tahun 2017 mendatang.

Angka ini jauh lebih banyak dibandingkan angka yang sebelumnya diekspektasikan. Senior foreign-exchange strategist ABN AMRO Roy Teo mengungkapkan, kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS tersebut akan membuat nilai tukar dollar AS bisa terus mengalami penguatan.

“Saat ini, jika Anda melihat kemungkinan kenaikan FFR, lebih dari dua kali kenaikan sudah di-priced in, sehingga ada potensi kita bisa melihat ruang lebih besar bagi dollar AS untuk mengalami penguatan,” ujar Teo seperti dikutip dari CNBC, Jumat (23/12/2016).

Teo menyatakan dirinya mengekspektasikan The Fed akan menaikkan FFR sebanyak tiga kali, sesuai dengan pernyataan The Fed.

Akan tetapi, menurut dia, ada beberapa spekulasi pasar bahwa The Fed bisa saja menaikkan FFR hingga empat kali.

The Fed beberapa waktu lalu secara mengejutkan menyatakan bahwa ada kemungkinan kenaikan FFR sebanyak tiga kali pada tahun 2017 mendatang, lebih banyak dibandingkan ekspektasi banyak pihak, yakni dua kali.

Sejalan dengan ekspektasi pula, pekan lalu The Fed menaikkan FFR sebesar 25 basis poin ke kisaran 0,5 hingga 0,75 persen.

Indeks dollar AS mencapai level 103,65 pada Selasa (20/12/2016), level tertingginya sejak Desember 2002.

“Kami mengekspektasikan dollar AS terus menguat hingga akhir 2017, namun dalam jangka pendek saya rasa tidak,” ungkap Teo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com