Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2016, Unilever Indonesia Raup Penjualan Bersih Rp 40 Triliun

Kompas.com - 16/02/2017, 13:51 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) hingga akhir 2016 mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 40 triliun (unaudited). Perolehan tersebut mengalami kenaikan 9,8 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 36,5 triliun.

Direktur Keuangan Unilever, Tevilyan Yudhistira Rusli mengatakan, pertumbuhan penjualan ditopang oleh dua segmen bisnisnya yakni personal care sebesar 69 persen dan food and refreshments sebesar 31 persen terhadap total penjualan bersih perseroan.

Berdasarkan laporan yang dipublikasikan perseroan, pada kuartal IV 2016, home and personal care dan food and refreshment masing-masing membukukan pertumbuhan sebesar 10,8 persen year on year (YoY) dan 12,8 persen YoY.

Keduanya mencapai momentumnya dan menutup total topline perseroan mendekati Rp 10 triliun atau 11,4 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Pencapaian ini didorong oleh inovasi-inovasi diantaranya, peluncuran dari Molto Super Sensorial dan peluncuran kembali Sunsilk," ujar Tevilyan dalam keterbukaan informasi, Kamis (16/2/2017).

Dengan perolehan penjualan bersih tersebut, laba bersih perseroan hingga 2016 pun terdongkrak naik menjadi Rp 6,4 triliun atau 9,2 persen lebih tinggi dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya.

Meski telah mencatatkan pertumbuhan penjualan dan laba bersih, perseroan tetap memperhatikan potensi permintaan pasar. Terlebih kondisi perekonomian di beberapa negara tengah mengalami ketidakpastian.

"Meskipun kami melihat adanya penguatan permintaan konsumen selama 2016, permintaan belum pulih pada tingkat yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya," pungkas Tevilyan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com