Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Berkapasitas 10.000 TEUs Segera Bersandar di Tanjung Priok

Kompas.com - 11/05/2017, 21:17 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mengungkapkan, kapal berkapasitas besar akan kembali bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Rencananya, kapal berkapasitas besar tersebut akan datang pada awal Juni 2017.

Direktur Operasi dan Sistem Operasi Pelindo II, Prasetyadi mengatakan, kapal besar tersebut berkapasitas 10.000 TEUs.  Kapal tersebut lebih besar dari kapal besar yang sebelumnya datang yang berkapasitas 8.500 TEUs.

(Baca: Menantikan Kapal Besar Bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok)

Kapal berkapasitas besar tersebut juga dimiliki perusahaan pelayaran asal Perancis Compagnie Maritime d'Affretement Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).  

"Awal Juni, CMA-CGM akan mendatangkan kapal yang lebih besar yakni 10.000 TEUs. Mereka (CMA-CGM) sudah menyurati saya untuk koordinasi," ujar Prasetyadi saat ditemui  di Hotel Sofitel Nusa Dua Bali, Kamis (11/5/2017).

Prasetyadi menuturkan, datangnya kembali kapal berkapasitas tersebut karena arus muat barang meningkat. Karena itu, kapal dengan kapasitas 8.500 TEUs dinilai kurang efisien.

Direktur Komersial dan Pengembangan  Pelindo II, Saptono R Irianto menambahkan, lengkapnya fasilitas di Pelabuhan Tanjung Priok juga menjadi alasan kapal berkapasitas besar bersandar.

"Karena Pelabuhan Tanjung Priok  punya fasilitas, contoh kedalaman kolam dermaga yang cukup untuk kapal besar," tandas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com