Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi AS Diprediksi Lebih Tinggi

Kompas.com - 30/06/2017, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi AS dipandang tumbuh lebih pesat dibandingkan prediksi awal pada kuartal I 2017. Dengan perkembangan ini, Departemen Perdagangan AS menyatakan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal I 2017 diporyeksikan mencapai 1,4 persen.

Mengutip BBC, Jumat (30/6/2017), angka tersebut merupakan revisi ke atas dari proyeksi sebelumnya, yakni 1,2 persen. Sebelumnya pula, proyeksi pertumbuahan ekonomi AS pada kuartal I 2017 mencapai 0,7 persen.

Namun demikian, proyeksi yang direvisi ke atas tersebut masih menunjukkan perlambatan dibandingkan pada kuartal IV 2016.

Saat itu, pertumbuhan ekonomi AS mencapai 2,1 persen. Proyeksi pertumbuhan ekonomi tersebut digenjot oleh peningkatan estimasi pertumbuhan pada belanja konsumen, yang direvisi naik dari 0,6 persen menjadi 1,1 persen.

"Perekonomian berekspansi pada laju yang solid, namun tidak spektakuler," ujar Gus Faucher, kepala ekonom PNC Fianncial Services.

Estimasi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I memang kerap lemah. Menurut banyak pakar, ini disebabkan kesulitan dalam mengukur dampak perubahan musim.

Meskipun diprediksi naik pada kuartal I dan II 2017, namun banyak ekonom yang menyatakan target pertumbuhan ekonomi 3 persen pada tahun 2017 yang dipasang pemerintahan Presiden Donald Trump.

Faucher sendiri memprediksi pertumbuhan ekonomi AS hanya menyentuh 2,2 persen hingga akhir tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com