Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Tunggu Prototipe N219 PTDI

Kompas.com - 30/08/2013, 14:38 WIB
Estu Suryowati

Penulis


BATAM, KOMPAS.com
- PT Lion Mentari Air (Lion Air) menunggu prototipe pesawat rakitan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk selanjutnya memesan sebanyak 50 unit.

"Kita baru bicara order N219, nanti setelah satu tahun prototipe jadi, juga sertifikasinya, baru produksi massal," ujar Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait saat menengok hanggar Lion Group di Batam, Kamis sore (29/8/2013).

Edward mengataka,n beberapa hari lalu dia baru saja melakukan pertemuan dengan pihak PTDI guna membahas MoU. Menurut dia, setelah prototipe jadi maka pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu.

Edward memperkirakan, Lion Air baru bisa menggunakan N219 pada 2016. Pesawat itu nantinya akan melayani rute penerbangan jarak pendek. "Jadi bukan penerbangan perintis seperti yang diberitakan. Karena apa, dalam pengertian saya yang namanya perintis itu, penerbangan yang terjadi karena ada subsidi pemerintah," jelas Edward sekaligus mengklarifikasi berita soal penerbangan perintis.

Edward mencontohkan rute penerbangan pendek yang kemungkinan akan ditempuh N219, antara lain Labuhan Bajo-Ende, Tanjung Karang-Bengkulu, serta Padang-Mentawai.

Ia berharap, harga N219 PTDI bisa bersaing dari kompetitornya, yang menjual pesawat jenis serupa di kisaran 4 juta dollar AS-6 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com