Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tak Ambil Pusing Pelabuhan Cilamaya Batal Dibangun

Kompas.com - 03/04/2015, 15:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak ambil pusing dengan pembatalan pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Karawang Jawa Barat. Pasalnya, itu bukanlah proyek Kemenhub.

"Ini kan (Pelabuhan Cilamaya) bukan proyek Kemenhub, jadi enggak masalah," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M. Djuraid kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (2/4/2015).

Sementara terkait rencana pembangunan pelabuhan pengganti Pelabuhan Cilamaya di lokasi lainnya di Jawa Barat, Kemenhub akan menunggu studi dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Perlu studi lagi kan? Kita tunggu saja studi yang dilakukan Bappenas atau konsultan yang ditunjuk Bappenas. Kemenhub hanya berwenang terkait perizinan. Yang mnntukan lokasi pelabuhan di Cilamaya juga Bappenas berdasar hasil studi konsultan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla memutuskan proyek pembangunan Cilamaya dibatalkan dan akan digeser ke tempat lain. Keputusan itu diambil setelah Wapres menggelar rapat dengan sejumlah menteri.

"Tadi diputuskan bahwa rencana pelabuhan tetap harus berjalan secepat-cepatnya, tapi agak bergeser di daerah yang aman ke timur yang di depannya tidak banyak anjungan-anjungan dan oil rig," kata Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com