Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peritel Mode Global Ini “Hidup Segan Mati Tak Mau”

Kompas.com - 10/08/2016, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

NEW YORK, KOMPAS.com – Sungguh menyedihkan nasib peritel mode global Gap. Perusahaan ini tidak hanya harus berjuang menghadapi kerasnya persaingan di industri mode ritel, namun juga harus menangani penjualan yang kian merosot.

Pada Senin (8/8/2016) lalu di Amerika Serikat, Gap melaporkan penjualan secara keseluruhan di semua gerainya yang telah beroperasi setidaknya satu tahun turun 4 persen pada bulan Juli 2016.

Penjualan merek Old Navy dan Banana Republic yang juga dimiliki Gap masing-masing merosot 3 persen dan 9 persen. Gap juga menyatakan bahwa total penjualan pada kuartal II 2016 juga mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Laporan ini membuat saham Gap turun 6 persen pada perdagangan di bursa, Selasa (9/9/2016).

Direktur Keuangan Gap Sabrina Simmons mencoba menjernihkan keadaan. Ia menyatakan, Gap terus melihat adanya tanda-tanda perbaikan pada merek-merek besar yang dimiliki Gap, namun kinerjanya tetap saja bervariasi. Gap kini masih berjuang menarik perhatian konsumen yang gemar berbelanja di gerai-gerai fast fashion seperti Zara, Forever 21, dan H&M.

Namun, perjuangan tersebut tidak saja dialami oleh Gap. Macy’s, Kohl’s, dan JCPenney adalah beberapa peritel mode yang harus jungkir balik mempertahankan bisnis sejalan dengan transisi preferensi konsumen.

Tidak hanya itu, peritel-peritel mode tersebut juga harus berjuang dalam persaingan dengan situs-situs belanja online. Meski kini tengah berjuang untuk tetap eksis dan memikat konsumen, Gap pernah mengalami masa kejayaan.

Para pecinta mode mengenal Gap karena mempopulerkan celana khaki dan atasan bermotif garis-garis horizontal dan produknya sesuai untuk kaum muda.

Kompas TV JFW Antar Industri Mode Indonesia ke Pasar Dunia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com