Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Konektivitas Maritim, Susi Minta Dukungan Menhub

Kompas.com - 28/11/2016, 14:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA. KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk mendukung penuh upaya membangun konektivitas kemaritiman di Indonesia timur.

Dukungan yang dimaksud Susi yakni berupa pembukaan penerbangan atau rute pelayaran yang menghubungkan daerah-daerah yang selama ini menjadi sumber perikanan di Indonesia timur.

"Menteri Perhubungan Budi Karya punya tugas memberikan support untuk membuka konektifitas penerbangan Garuda dan kapal Pelni," ujar Susi dalam acara forum bisnis Denmark dan Norwegia di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu tidak meminta adanya penerbangan atau pelayaran setiap hari ke wilayah-wilayah sumber perikanan seperti Saumlaki dan Nusa Tenggara Timur.

Menurut Susi, pelayanan transportasi udara atau laut cukup 3 hari-4 hari dalam seminggu. Dengan begitu diharapkan konektivitas di Indoneisa timur bisa lebih baik.

Bahkan ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah terutama Kementerian Perhubungan bisa memberikan subsidi kepada pengusaha angkutan udara atau laut untuk membuka rute penerbangan atau pelayaran ke wilayah di Indoneisa timur.

Ia meyakini, dukungan Kemenhub itu mampu menstimulasi minat para pengusaha untuk berkontribusi memperbaiki konektivitas di Indonesia timur. Dampaknya, harga-harga barang bisa lebih murah.

Kompas TV Harapan Jokowi pada Pembangunan Maritim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com