Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya BEI, Bursa Saham India Juga "Down" Akibat Gangguan Teknis

Kompas.com - 10/07/2017, 21:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

MUMBAI, KOMPAS.com - Bursa saham India sempat mengalami gangguan teknis selama tiga jam. Namun, setelah itu, perdagangan kembali dilanjutkan pada pasar saham dan ekuitas derivatif.

Mengutip Bloomberg, Senin (10/7/2017), gangguan teknis di National Stock Exchange of India (NSE) terjadi pada sesi awal perdagangan.

Para trader tidak bisa melakukan perdagangan dan harga saham tidak ter-update, menurut pendiri Kejriwal Research and Investment Services Arun Kejriwal.

Pihak bursa menutup segmen perdagangan kas dan derivatif pada pukul 9.55 waktu setempat dan sesi perdagangan pre-trading dilakukan pada pukul 10.45.

Namun, gangguan teknis tetap terjadi dan membuat perdagangan kembali tertunda dan dimulai pada pukul 11.00 dan perdagangan akhirnya benar-benar dimulai pada pukul 12.30.

Akan tetapi, saat itu papan informasi harga masih bermasalah dan dalam upaya perbaikan.

"Bursa efek seharusnya dapat menangani masalah teknikal dengan lebih baik dan menenangkan investor dengan lebih cepat. Harga pasar kas NSE salah selama satu jam," ujar Sanjiv Bhasin, Wakil Direktur di India Infoline Ltd.

(Baca: Bisakah Ransomware Petya Serang Sistem TI Perbankan?)

Sama seperti NSE, perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) juga sempat mengalami gangguan teknis pada sesi perdagangan awal hari ini. Gangguan terjadi pada datafeed informasi perdagangan.

Dalam pernyataannya, pihak BEI menyatakan, gangguan tersebut terjadi pada pukul 08.52. Kemudian, pihak BEI dengan cepat melakukan upaya perbaikan dan pemulihan. 

(Baca: Sempat Terjadi Gangguan Teknis saat Perdagangan, Ini Penjelasan BEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com