Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omzet Sumi Indo Merangkak Naik

Kompas.com - 15/07/2013, 14:48 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Omzet penjualan perseroan PT Sumi Indo Kabel Tbk. (IKBI) terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2012 omzet penjualan perseroan mencapai 181 juta dollar AS naik sekitar 13 persen dari tahun sebelumnya sebesar 160 juta dollar AS.

Sementara itu untuk perolehan laba bersih mencapai 5,981 juta dollar AS, atau melonjak 178 persen dibanding tahun 2011 yang hanya 2,150 juta dollar AS.

"Sasaran penjualan perseroan sudah merambah ke berbagai negara di Asia Tenggara, Timur Tengah dan juga Afrika Utara," ujar Direktur Perseroan PT Sumi Indokabel, Hasashi Togawa di Hotel Mulia, Jakarta, Senin (15/7/2013).

Hasashi mengatakan, walau pada tahun 2012 ada kecenderungan terjadinya peningkatan harga bahan baku karena fluktuatifnya harga minyak, namun hal tersebut sudah dapat diantisipasi, sehingga dampaknya tidak terlalu berpengaruh.

Ia memprediksi, pada tahun 2013 ini, permintaan untuk pasar ekspor tidak terlalu meningkat. Namun permintaan pasar dalam negeri justru diprediksi akan terus meningkat, seiring dengan program yang sudah dicanangkan pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur, perminyakan, real estate, pembangkit listrik, ataupun proyek kilang minyak.

"Adakalanya permintaan lokal lebih besar daripada ekspor, atau sebaliknya. Kita telah mengantisipasi agar penjualan lokal dan ekspor tidak terpengaruh oleh gejolak harga bahan baku," kata Hasashi.

PT Sumi Indokabel saat ini memproduksi kabel konduktor, kabel listrik, kabel kontrol, kabel serat optik dan kabel telekomunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com