Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, Rupiah Mencoba Menguat pada Akhir Pekan

Kompas.com - 04/04/2014, 09:09 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah diproyeksikan menguat atas dollar AS pada akhir pekan ini, Jumat (4/4/2014). Penguatan rupiah diperkirakan akan terpengaruh pergerakan mata uang di kawasan regional Asia.

Sebelumnya, mata uang di Asia terus melemah dan rupiah ikut arus tersebut. Rupiah melemah hingga Rp 11.324 per dollar AS pada penutupan perdagangan Kamis (3/4/2014). Imbal hasil (yield) tenor 10 tahun juga naik tipis ke level 7,863 persen.

Di sisi lain, menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, tingkat suku bunga antarbank masih menunjukkan tren kenaikan. Suku bunga pinjaman antarbank bertenor satu bulan naik 0,13 basis poin kemarin.

Rupiah berpeluang menguat pada hari ini bersama dengan mata uang Asia lainnya. Dari pasar global, walaupun jobless claims diumumkan naik, Dollar Index berhasil menguat setelah Bank Sentral Eropa menyatakan bakal mendongkrak inflasi.

Namun, yield US Treasury 10 tahun turun 0,45 basis poin, memperlihatkan kekecewaan pada data ekonomi tersebut. Jobless rate dan NFP AS ditunggu malam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com