Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Perekonomian Minta Pejabat Kementan "Blusukan" ke Lapangan

Kompas.com - 17/11/2014, 10:51 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengajak seluruh pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pergi ke daerah-daerah melihat langsung masalah pertanian. Dia meminta para pejabat setidaknya blusukan minimal satu minggu sekali, dan tidak hanya menghabiskan waktunya di kantor.

"Bapak harus pergi ke lapangan, tidak usah menghabiskan waktu di kantor. Mungkin mengeluarkan kebijakan itu penting, tapi harus tahu masalah di lapangan," ujar Sofyan saat memberikan arahan dalam rapat kerja nasional pembangunan pertanian tahun 2014 di kantor Kementan, Jakarta, Senin (17/11/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, blusukan ke lapangan bagi setiap pejabat sangatlah penting. Pasalnya, hanya dengan melihat situasi rill di lapanganlah maka pemahaman terhadap masalah itu mampu didapatkan.

Saat ini menurut Sofyan, situasi sektor pertanian nasional sulit berkembangan karena tidak adanya pemahaman terhadap masalah rill. Akhirnya kata dia, kebijakan yang dihasilkan tidak menyelesaikan permasalahan di lapangan.

"Kebijakan tidak boleh apa yang bapak pikirkan benar, ternyata tidak benar di lapangan. Ajak petani bicara dan diskusi. Bikin kebijakan pertanian yang konsisten," kata dia.

"Dapatkan masalah, lihat masalah, selesaikan masalahnya," tambah Sofyan.
baca juga: Ini Alasan Menko Perekonomian Membentuk "Complain Center"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com