Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Non-migas Vietnam Lebih Unggul ketimbang Indonesia

Kompas.com - 14/03/2016, 17:53 WIB
Estu Suryowati

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Vietnam adalah negara yang tidak memiliki kekayaan alam. Negara ini lebih memilih konsentrasi mencari investor seperti di sektor manufaktur.

Alhasil, dari sisi perdagangan non-migas, kini Vietnam lebih unggul dibandingkan Indonesia.

"Indonesia yang memiliki kekayaan alam justru terlena saat booming komoditas. Begitu siklus komoditas anjlok, Indonesia enggak siap," ucap Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong di Batam, Kamis (14/3/2016).

Perkiraan ekspor non-migas Vietnam mencapai 150 miliar dollar AS pada 2015. Sementara itu, ekspor non-migas Indonesia jatuh di kisaran 140 miliar dollar AS.

"Berarti, Vietnam yang skala ekonominya sepertiga Indonesia sudah melampaui kita dari sisi ekspor non-migas," kata Thomas.

Indonesia juga kalah dari Filipina terkait jumlah kawasan ekonomi khusus (KEK). Filipina punya 300 KEK, Indonesia baru delapan kawasan.

Menurut Thomas, maju dan pesatnya Filipina dalam pengembangan KEK tidak lepas dari sumber daya ekonomi negara tersebut. Seperti Vietnam, Filipina tidak memiliki kekayaan alam yang melimpah layaknya Indonesia.

Dia menambahkan, Filipina dan Vietnam bisa berhasil lantaran mau mereformasi diri dengan keterbatasan yang ada. Thomas pun melihat hal yang realistis apabila ada orang yang menyebut prestasi ekonomi Indonesia saat ini cukup baik.

"Pertanyaannya kan dibandingkan dengan siapa? Vietnam sudah kalahkan kita di ekspor non-migas. Filipina sudah kalahkan kita dari jumlah KEK, dan pasarnya cukup bagus," pungkas Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com