Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Suku Bunga Negatif Untungkan Perekonomian Global

Kompas.com - 21/03/2016, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menyoroti keputusan bank sentral Eropa (ECB) dan Jepang (BoJ) untuk menurunkan suku bunga hingga berada di angka negatif.

Managing Director IMF Christine Lagarde menyatakan, suku bunga negatif untuk menangkal deflasi bagus untuk ekonomi global.

Dalam sebuah wawancara, Lagarde menuturkan, suku bunga negatif jangka pendek dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat.

"Jika kita tidak memiliki suku bunga negatif itu, kita mungkin sekarang akan berada dalam situasi yang lebih buruk, dengan inflasi yang mungkin lebih rendah dan dengan pertumbuhan yang lebih rendah dari yang sudah kita peroleh," ujar Lagarde.

Menurut Lagarde, adalah hal yang baik untuk menerapkan kebijakan suku bunga negatif dalam kondisi perekonomian seperti itu.

Beberapa waktu, ECB, BoJ, bank sentral Swedia, Denmark, dan Swiss mengambil kebijakan suku bunga negatif.

Kebijakan ini bertujuan untuk mendorong bank sentral menggenjot dana surplus mereka ke perekonomian. Dengan demikian, belanja dan investasi akan semakin terpacu pula.

Namun demikian, banyak ekonom memandang, kebijakan yang diambil oleh bank sentral Jepang dan Eropa ini malah akan membuat kalangan bisnis dan konsumen lebih cemas terhadap belanja mereka.

Sementara itu, pimpinan bank sentral AS atau Federal Reserve Janet Yellen menyatakan The Fed kini tengah memantau kebijakan suku bunga negatif yang diaplikasikan beberapa negara.

"Saya rasa efeknya akan beragam dari hal positif dan negatif. The Fed tentu saja tidak aktif mempertimbangkan kebijakan suku bunga negatif," ujar Yellen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com