KAI dan GE Teken Kerja Sama Pemeliharaan Lokomotif Selama Delapan Tahun - Kompas.com

KAI dan GE Teken Kerja Sama Pemeliharaan Lokomotif Selama Delapan Tahun

Kompas.com - 28/06/2016, 17:49 WIB
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perkeretaapian, dan GE, perusahaan multinasional teknologi yang berpusat di Amerika Serikat (AS), meneken perjanjian jangka panjang untuk perbaikan dan pemeliharaan lokomotif.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Jumat (24/6/2016) dan meliputi lebih dari 150 unit lokomotif untuk menjamin keandalan dan daya guna yang tinggi. Sebanyak 50 lokomotif merupakan lokomotif listrik diesel CC206 CM-20EMP, lokomotif diesel-electric  terbaru dari armada yang dimiliki PT KAI.

Perjanjian ini berlangsung selama delapan tahun di sembilan lokasi pemeliharaan utama kereta api yang tersebar di Jawa dan Sumatera.

Perjanjian antara PT KAI dan GE ditandatangani oleh Budi Noviantoro, Logistic Director PT KAI dan David Hutagalung, Presiden Direktur, PT GE Operations Indonesia. 

Selain itu, juga disaksikan oleh Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, John G. Rice, Chairman GE Global Growth Organization, Mohamed Butt, CEO GE Transportation Asia Pacific dan Handry Satriago, CEO GE Indonesia.

Edi Sukmoro, President Director PT KAI mengatakan, GE telah menjadi mitra terpercaya bagi PT KAI selama 60 tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan kereta api di seluruh Indonesia.

"Perjanjian kerja sama pemeliharaan dan perbaikan yang baru ini menjadi wujud komitmen PT KAI agar dapat diandalkan oleh seluruh pihak yang membutuhkan jasa kereta api," kata dia, melalui rilis ke Kompas.com.

Mohamed Butt, CEO GE Transportation Asia Pacific menambahkan, pihaknya senang dapat berpartisipasi dalam pengembangan infrastruktur kereta api Indonesia.

"Kami berkomitment untuk melayani PT KAI dan memberi sumbangsih kepada perkembangan infrastruktur Indonesia yang berkelanjutan di tahun-tahun mendatang,” kata dia.

Sebagai tambahan informasi, saat ini PT KAI mengoperasikan lebih dari 350 lokomotif GE, dengan lokomotif terbaru adalah lokomotif listrik diesel-electric GE CC206.

Kompas TV KAI: Tiket Udah Ludes dari 2 Minggu Lalu


EditorAprillia Ika

Close Ads X