Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spindo Anggarkan Belanja Modal Tahun Ini Rp 390 Miliar

Kompas.com - 02/08/2016, 14:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Steel Pipe Industry Indonesia Tbk (Spindo) sepanjang tahun 2016 menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar 30 juta dollar atau setara dengan Rp 390 miliar (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar AS).

Wakil Direktur Utama Spindo Tedja Sukmana Hudianto mengatakan, dana itu akan digunakan untuk membeli mesin tambahan guna mendukung bisnis perseroan pada tahun ini.

"Kami tahun ini tambah mesin baru dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan. Mesin sudah masuk, kemudian akan ada tambahan mesin potong lagi," ujar Tedja di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (1/8/2016).

Hingga saat ini, kata Tedja, belanja modal yang sudah terserap sebesar 20 persen dari dana yang dianggarkan tahun ini. Artinya, dana yang sudah terpakai sekitar 6 juta dollar.

"Dana capex yang sudah terserap baru sedikit atau 20 persen dari yang dianggarkan. Capex tahun ini ada perubahan, terutama rencana investasi besar, karena sedikit melambat, rencana pipa besar kami tunda," tutur Tedja.

Selain itu, perseroan menggunakan belanja modal untuk membiayai pembangunan gudang, peningkatan kapasitas mesin berdiameter kecil, serta pengembangan lahan di Gresik, Jawa Tmur.

"Kami juga mengalokasikan belanja modal untuk pembangunan gudang, peningkatan kapasitas mesin, dan pengembangan lahan," pungkas Tedja.

Kompas TV Seperti apa kehidupan di pipa PDAM?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com