Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Perikanan Lestari, JOB Tomori Gunakan LED Ikan

Kompas.com - 22/08/2016, 13:30 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) menggunakan lampu pengumpul ikan atau LED ikan, dalam program tanggung jawab sosial (TJS) perusahaannya, atau kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Penggunaan LED ikan ini merupakan kerja sama JOB Tomori dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) dalam penggunaan teknologi perikanan.

General Manager JOB Tomori Judha Sumarianto mengatakan, sebagai pelopor pengguna teknologi LED dalam proses pemberdayaan masyarakat nelayan di sekitar area operasi perusahaan, JOB Tomori mendapatkan apresiasi dari KKP.

"Besar harapan kami semoga ke depannya perusahaan dapat meningkatkan peran serta dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan, khususnya dengan teknologi di bidang perikanan yang diaplikasikan di lapangan," kata Judha, dalam seminar bertajuk 'Bright and Green Towards Fisheries Sustainability ', Jakarta, Senin (22/8/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balitbang KP Zulficar M Mochtar mengimbau perlunya kerja sama dalam hal ini kontraktor migas dengan instansi KKP.

Sebab, selama ini penggunaan penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan di wilayah eksplorasi migas sering kali memicu gesekan horizontal antara nelayan dan pelaksana eksplorasi.

"Melalui FORMITAN, diharapkan pemangku kepentingan mampu menjalankan proses difusi, adopsi, dan penerapan langsung hasil karya peneliti dan inovator kelautan dan perikanan," ucap Zulficar.

Kompas TV Masyarakat Diimbau Gemar Makan Ikan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com