Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Serahkan Pengelolaan Pelabuhan Banten ke Swasta

Kompas.com - 15/11/2016, 11:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

Kompas TV Kapasitas Tanjung Priok Baru Saingi Singapura

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyerahkan pengelolaan Terminal Cigading Pelabuhan Banten kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Krakatau Bandar Samudera (KBS).

Penyerahan tersebut dituangkan dalam perjanjian konsesi yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten, Abdul Aziz dengan Direktur Utama KBS Tonno Sapoetro. 

Penandatanganan kerja sama ini disaksikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, dalam hal ini diwakili Direktur Kepelabuhanan, Mauritz HM Sibarani yang dilaksanakan pada Senin (14/11/2016)  di Ruang Sriwijaya Kantor Kemenhub, Jakarta.

Direktur Jenderal Pelabuhan Laut, Tonny Budiono mengatakan, Terminal Cigading merupakan salah satu pelabuhan di Indonesia yang sedang berkembang pesat yang memiliki potensi yang sangat besar dalam melayani kegiatan bongkar muat dan logistik .

"Dengan adanya kerja sama yang baik antara Pemerintah selaku regulator dengan BUP, baik BUMN ataupun swasta murni diharapkan dapat semakin memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk menekan waktu bongkar muat barang yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya logistik," ujar Tonny dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jakarta, Selasa (15/11/2016). 

Selain itu, kata Tonny, merupakan pusat konsolidasi dan distribusi barang yang terletak di kawasan industri vital yang dapat dengan mudah diakses dari DKI Jakarta maupun  Jawa Barat. Sehingga, sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan terhadap hinterland di sekitar wilayah tersebut.

Adapun, Dalam perjanjian konsesi ini disepakati bahwa PT KBS akan mengkonsesikan empat dermaga dengan jangka waktu konsesi selama 75 tahun dan besaran konsesi 3 persen dari pendapatan bruto.

"Semoga dengan adanya kemudahan dalam investasi swasta di bidang kepelabuhanan dapat mendorong pihak swasta lainnya untuk dapat membangun pelabuhan-pelabuhan umum lainnya. Perjanjian konsesi ini juga diharap dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak dari sektor Kementerian Perhubungan," tandasnya. 

Sekadar informasi, Terminal Cigading pada awalnya digunakan untuk menyediakan fasilitas bongkar muat untuk semua bahan baku, produk, dan suku cadang PT Krakatau Steel.

Akan tetapi, sejalan dengan peningkatan kegiatan permintaan perlayanan jasa kepelabuhanan, saat ini PT KBS telah mengelola kargo curah (bulk) baik berupa bahan baku bijih besi, curah kering seperti gypsum, gula, soya bean meal dan batu bara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com