Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I Tahun 2017, Kemenperin Target Serap Anggaran 36 Persen

Kompas.com - 25/01/2017, 17:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan penyerapan anggaran hingga semester I tahun 2017 akan mencapai 36 persen.

Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pada acara Kick Off Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan Kementerian Perindustrian Tahun 2017 di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Sebelumnya, capaian realisasi anggaran 2016 sebesar 95 persen dan merupakan prestasi tertinggi dalam kurun lima tahun terakhir. Namun, realisasi tersebut diwarnai dengan pemotongan dan penghematan pagu anggaran sebesar Rp 1,2 triliun.

“Kami berharap di tahun ini, para Kepala Satuan Kerja (satker) di lingkungan Kemenperin dapat memberikan perhatian terhadap pelaksanaan program dan kegiatan prioritas serta melakukan monitoring dengan intens,” ujar Airlangga.

Pada 2016, Kemenperin memperoleh alokasi pagu anggaran awal sebesar Rp 3,2 triliun namun mengalami pemotongan anggaran pada Mei sebesar Rp 369 miliar. 

Lalu, ada lagi penghematan anggaran pada Agustus sebesar Rp 854 miliar. Sehingga total pemotongan dan penghematan sebesar Rp 1,2 triliun.

Sementara itu, pagu anggaran Kemenperin pada 2017 sebesar Rp 2,9 triliun.

Menurut Airlangga, progres pencapaian realisasi anggaran akan menjadi tanggung jawab para Kepala Satuan Kerja, yang dipantau dan dievaluasi langsung oleh Menperin.

"Dalam rangka membangun akuntabilitas kinerja Kemenperin yang tertib sesuai peraturan berlaku, pengelola anggaran harus dapat bertindak profesional, melaksanakan tepat waktu dan memberikan output yang bermanfaat,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut Airlangga, pertemuan ini sangat penting untuk menyikapi arahan Presiden Joko Widodo dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional, salah satunya yang perlu dilakukan adalah melalui percepatan belanja pemerintah.

“Presiden menekankan bahwa masing-masing kementerian dan lembaga perlu mengambil langkah-langkah konkrit dalam melaksanakan percepatan belanja negara yang dimulai dari awal tahun anggaran,” paparnya.

Kompas TV Pemerintah Batasi Defisit Anggaran Tidak Lebih dari 3%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com