Sri Mulyani Kagumi Sosok Billy Joedono - Kompas.com

Sri Mulyani Kagumi Sosok Billy Joedono

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 17/04/2017, 20:26 WIB
KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTO Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam acara kuliah umum di Politeknik Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/4/2017).

Tangerang SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) pada era Presiden Soeharto, Satrio Budihardjo Joedono tutup usia pada 16 April 2017 di Rumah Sakit Medistra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Satrio Budihardjo Joedono atau akrab disapa Billy Joedono dikenal sebagai sosok yang tegas melawan korupsi. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, dirinya merasa kehilangan sosok seniornya di Universitas Indonesia (UI) itu.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, mengatakan sosok Billy merupakan orang yang baik dan berintegritas dalam tata kelola keuangan.

"Pak Billy Joedono itu adalah senior (saya) di Fakultas Ekonomi UI dan beliau juga Ketua BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Dari apa yang disumbangkan, beliau termasuk orang baik di dalam membangun suatu tata kelola yang baik," Kata Ani di STAN, Bintari, Tangerang Selatan, Senin (17/4/2017).

Ani menceritakan, ketika menjadi Ketua BPK Billy Joedono merupakan orang yang berintegritas perang melawan korupsi, dan Ani pun merasa bangga dengan sosok Billy.

"Komitmennya untuk memerangi korupsi itu luar biasa, jadi kita sangat kehilangan," ungkap Ani. 

Billy Joedono  pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan selama 2 tahun, mulai dari tahun 1993 sampai dengan tahun1995.

Selain itu, pria kelahiran Pangkalpinang 1 Desember 1932 ini, pernah menjabat sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai dari tahun1998 sampai dengan tahun 2004. Billy Joedono juga menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina, The Habibie Center, Jakarta.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X