Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Antrian, Pemudik Kapal Disarankan Beli Tiket Secara "Online"

Kompas.com - 18/06/2017, 12:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarakan agar pemudik kapal penyeberangan membeli tiket secara online. Hal ini, menghindari adanya antrian pembelian di loket tiket pelabuhan penyeberangan. 

"Karena kami ingin meningkatkan produktivitas. Jadi masyarakat nggak menunggu lama. Kami juga bisa mengatur juga untuk membuat jam keberangkatan dan lashing lebih pendek," ujar Menhub Budi Karya saat ditemui usai meninjau Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (17/6/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, pembelian tiket secara online juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kapal penyeberangan. 

Sebab, masyarakat dengan mudah mendapatkan tiket kapal penyeberangan tanpa harus datang ke loket di pelabuhan. Dengan online, juga dapat menghapuskan sistem calo tiket. 

"Efeknya banyak. Jadi orang lebih confident. Ini juga yang mau kami kejar di bus," kata dia. 

Sementara itu, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Faik Fahmi mengatakan, selama ini penjualan tiket secara online terus berjalan efektif. Dia menerangkan, penjualan tiket secara online telah rampai pada H-10 Lebaran.

"Sampai hari sudah 5.000 orang membeli tiket secara online. Jadi kebanyakan masyarakat menunggu THR baru membeli tiket," jelas dia. 

Dalam hal ini, Faik mengaku, penjualan tiket secara online belum mendominasi. Oleh karena, pihaknya terus melakukan sosialiasi melaui sosial media agar masyarakat dapat membeli tiket secara online

"Karena memang butuh waktu. PT KAI itu butuh waktu untuk alihkan pembelian tiket ke online. Saya targetkan efektif sebelum Lebaran," pungkas dia. 

Sekadar informasi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menjual tiket secara online sejak 1 Juni 2017. Kini masyarakat dapat membeli tiket menggunakan ponsel atau tablet dengan mengakses http://tiket.indonesiaferry.co.id.

Pembelian tiket secara online berlaku untuk pemesanan maksimal H-1 keberangkatan. Adapun layanan penjualan tiket penyeberangan berjadwal secara online saat ini berlaku bagi penumpang, kendaraan roda dua, kendaraan roda empat (pribadi, pick-up, boks barang) dan mobil travel jenis Elf.

(Baca: Berburu Tiket Tambahan Lebaran KAI yang Menguji Kesabaran)

Kompas TV (ASDP) Padangbai, Karangasem, Bali, mempersiapkan kapal ferry yang akan mengangkut pemudik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com