Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Pandjaitan: Reklamasi Teluk Jakarta Jalan Terus, Takkan Ditunda

Kompas.com - 11/07/2017, 16:15 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa proyek reklamasi Teluk Jakarta akan jalan terus dan tidak akan ditunda-tunda.

Terlebih, pihaknya telah berdiskusi dan menerima masukan dari berbagai pihak terkait kelanjutan proyek tersebut. Bahkan, akhir Juli ini, laporan interim kajian reklamasi Teluk Jakarta akan dirilis.

"Kita tidak akan menunda. Kalau ada masalah tunjukin masalahnya di mana. Jadi jangan asal ngomong. Tapi datang ke saya," kata Luhut di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Ia menegaskan, laporan dari kajian yang sudah dilakukan pihaknya akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo terlebih dulu sebelum disampaikan ke publik.

"Ya nanti kita akan laporkan (ke Presiden). Apa yang sudah kita dapat. Sudah ada diskusi terbuka. Jadi tdak perlu ribut-ribut di publik," kata Luhut.

Istana diketahui menggelar rapat terbatas terkait evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di provinsi DKI Jakarta seperti reklamasi Teluk Jakarta sore ini.

Sebelumnya, Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menuturkan dia bersama gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan tim akan membahas kajian lingkungan hidup pulau-pulau reklamasi di Teluk Utara Jakarta.

Sandiaga mengatakan pembahasan mengenai kajian lingkungan hidup pulau reklamasi akan mulai dilakukan segera setelah dia dilantik pada Oktober 2017.

Sandi bersama Anies akan tetap konsisten menolak proyek reklamasi. Mengenai pulau-pulau hasil reklamasi yang sudah telanjur dibangun, setelah membahas kajian lingkungan hidupnya, akan dibahas usulan-usulan masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com