Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Dutch Shell Caplok BG Group senilai Rp 908 Triliun

Kompas.com - 08/04/2015, 15:56 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan energi raksasa, Royal Dutch Shell, mengumumkan akuisisi atas perusahaan rival yang berbasis di Inggris, BG Group senilai 47 miliar pounsterling atau sekitar Rp 908 triliun.

Aksi itu dilakukan dalam rangka konsolidasi industri sektor migas, di tengah lesunya harga komoditas tersebut. Pengambilalihan itu memungkinkan BG Group memiliki posisi yang strategis untuk mengembangkan bisnis LNG.

Setelah pencaplokan itu, nilai perusahaan akan mencapai dua kali dari BP sekaligus menyalip perusahaan energi yang berbasis di AS, Chevron Corp. Harga saham BG Group, yang sebelumnya tumbang, langsung menanjak hingga 40 persen setelah pengumuman akuisisi.

"Manajemen Shell dan BG mengumumkan bahwa keduanya telah mencapai kesepakatan dalam hal nilai jual-beli serta terkait jumlah saham yang diakuisisi," tulis Shell.

"Hasil akuisisi akan membuat hasil yang lebih positif, baik bagi korporasi maupun pemegang saham di tengah bergejolaknya harga minyak dunia," ujar chairman Shell, Jorma Ollila, Rabu (8/4/2015).

Sementara itu CEO BG Helge Lund menyatakan bahwa kesepakatan tersebut memberikan return yang menarik kepada pemegang saham, serta membawa akan ada strategi bisnis yang logis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com