Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Blok Masela, Pemerintah Diingatkan Tak Salah Langkah

Kompas.com - 22/12/2015, 15:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, pemerintah belum juga memutuskan pengembangan blok gas abadi di Laut Arafura, Maluku yakni Blok Masela.

Namun sejumlah pihak mulai mengingatkan pemerintah agar tak salah langkah memutuskan pengelolaan Sumber Daya alam (SDA) seperti yang terjadi di masa lalu.

"Jangan sampai seperti zaman dulu kita malah ekspor. Kita punya CPO kita ekspor, balik ke Indonesia sudah jadi produk kecantikan, sabun dan lain-lain," ujar pakar migas Yoga Suprapto, Selasa (22/12/2015).

Menurut dia, pengelolaan Blok Masela bukan hanya bicara murah atau mahal pengelolaannya. Melainkan bagaimana Blok Masela ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kepentingan nasional.

Saat ini Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) memiliki dua opsi. apakah akan membangun tempat pengolahan gas di tengah laut (Floating Liquefaction Natural Gas/FLNG) atau membangun tempat pengolahan gas di darat (Onshore Liquefaction Natural Gas/OLNG).

Pemerintah sendiri telah memutuskan Poten & Partners sebagai konsultan independen yang akan melakukan kajian dan review terhadap opsi pengembangan Blok Masela.

Namun Yoga khawatir konsultan independen tak melakukan kajian dalam karena baru bekerja belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com