Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: Indonesia Bisa Jadi Pemimpin Ekonomi Syariah Global

Kompas.com - 10/05/2016, 13:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia bisa jadi pemimpin ekonomi syariah global saat menjadi tuan rumah World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12. Forum WIEF akan digelar di Jakart4a Convention Center pada 2-4 Agustus 2016.

"Sektor keuangan hanyalah salah satu aspek dari ekonomi Islam yang dapat memberikan manfaat besar bagi para pelakunya," kata dia, melalui keterangan resmi, di Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Menkeu yakin Program "Aku Cinta Keuangan Syariah" bisa jadi katalis dalam meraih target 15 persen di tahun 2023 dari pangsa keuangan lslam di pasar keuangan nasional secara keseluruhan.

"WIEF ini merupakan kunci utama pertumbuhan ekonomi yang paralel dengan komitmen pemerintah untuk mengembangkan perekonomion yang modern," ucapnya.

Menkeu menjelaskan bahwa industri kreatif, wisata Islam, dan pasar makanan halal adalah sektor lain yang dapat memperoleh keuntungan dari ekonomi syariah.

Saat ini, katanya ekonomi syariah tumbuh begitu cepat dan tidak hanya terbatas untuk orang muslim saja, namun juga dapat dikembangkan melalui kemitraan dengan masyarakat internasional yang lebih luas.

Menteri Keuangan juga mengucapkan terima kasih kepada WIEF Foundation yang telah memilih Jakarta untuk menjadi tuan rumah ke-12.

Sementara itu, Chairman WIEF Foundation Tun Musa Hitam mengatakan Indonesia adalah negara ideal yang cocok dengan tema WIEF tahun ini, yaitu "Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan".

Saat ini, Indonesia adalah pasar berkembang dengan yang memiliki potensi UMKM untuk go internasional. "Indonesia merupakan pasar yang kuat di kawasan ASEAN dan juga merupakan mesin penting dalam pertumbuhan ekonomi global," katanya.

Forum WIEF adalah forum bagi delegasi untuk membahas tantangan, peluang, isu-isu terbaru, dan tren pandangan bisnis global ke depan.

Forum ini juga mengeksplorasi peran usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai negara di seluruh dunia. Sebelumnya juga, pada 2009 Indonesia pernah menjadi tuan rumah pada forum WIEF ini.

Kompas TV Rendahnya Belanja Pemerintah Bikin Ekonomi Lesu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com