Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Daya Saing, Masyarakat Perbatasan Dilatih Berwirausaha

Kompas.com - 20/06/2016, 10:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melakukan pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbatasan. 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Prakoso BS mengatakan, tujuan program ini agar masyarakat di perbatasan semakin berdaya saing di era keterbukaan.

Pada 16-17 Juni 2016 Kemenkop melatih masyarakat perbatasan Malinau, Kalimantan Utara, untuk berwirausaha. Kemenkop melatih pengolahan makanan dengan bahan baku lokal dari singkong dan pisang.

Pelatihan melibatkan masyarakat, yakni para ibu rumah tangga yang tinggal di empat kecamatan terluar di Kabupaten Malinau. Prakoso berharap dengan melibatkan para ibu rumah tangga maka ada peningkatan dan nilai tambah ekonomi keluarga bagi masyarakat perbatasan.

"Tidak menutup kemungkinan dari keterampilan yang didapat kelak, produk olahan makanan peserta akan menjadi ikon daerah, sehingga secara tidak langsung dapat mempromosikan daerahnya," kata Prakoso, Minggu (19/6/2016).

Kemenkop mendatangkan instruktur dari Karanganyar, Jawa Tengah, yang berpengalaman dan berkompetensi dalam hal mendiversifikasi makanan olahan hingga bernilai jual yang lebih.

Program Kemenkop mendapatkan dukungan secara langsung dari pemerintah daerah setempat. Mereka menetapkan kebijakan untuk memprioritaskan penggunaan pangan lokal di Kabupaten Malinau.

"Setiap kegiatan yang sifatnya kedinasan wajib menyajikan makanan yang berbahan baku lokal. Kemudian barang-barang seperti kursi meja di kantor kantor dinas juga diharuskan untuk menggunakan produk lokal," katanya.

Menurut Prakoso, kebijakan itu menjadi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM di daerah itu karena secara otomatis telah tercipta pasar yang berkelanjutan.

Pemerintah daerah setempat juga berharap para pelaku UMKM memanfaatkan peluang tersebut lalu bergabung membentuk koperasi agar semakin mempermudah akses permodalan, menjaga kontinuitas produk, dan memperluas pasar. 

Kompas TV Jangan Takut Sama PHK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com