Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeda Siang, IHSG Ditutup Menguat 20,33 Poin

Kompas.com - 08/08/2016, 12:12 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih kuat berada di level 5.400 di jeda siang perdagangan saham Senin (8/8/2016). Walaupun, grafik IHSG menunjukkan adanya tren penurunan menjelang penutupan perdagangan sesi I.

IHSG tercatat naik 0,37 persen atau naik 20,33 poin ke level 5.440,57 dari level penutupan akhir pekan lalu di 5.420,24.

dari data BEI, sektor konsumer dan sektor perdagangan mengalami tekanan. Sementara sektor industri dasar yang pagi tadi dibuka turun, mengalami rebound dan menguat 0,62 persen di akhir sesi I.

Sektor aneka industri jadi lokomotif baru kenaikan indeks, dari delapan indeks sektoral pendukung bursa yang mengalami kenaikan. Sektor aneka industri naik 1,39 persen.

Dari data RTI, volume perdagangan saham di sesi I ini mencapai 3,18 miliar saham dengan nilai perdagangan Rp 3,16 triliun.

Aksi beli investor asing masih marak dengan net foreign buy di semua papan perdagangan mencapai Rp 302,7 miliar.

Sebanyak 172 saham ditutup naik, sementara 131 saham ditutup turun dan 90 saham ditutup tetap.

Saham Semen Indonesia (SMGR) ditutup dengan penurunan 1,53 persen terkait rencana pemerintah memberlakukan moratorium lahan untuk ekspansi bisnis semen.

Saham BTPN naik paling tinggi hingga 7,02 persen seiring perannya jadi bank persepsi tax amnesty dan keseriusannya menggarap segmen laku pandai melalui BTPN Wow. Saham bank lain, yakni BBRI, BMRI dan BBNI juga masih kinclong di sesi I ini.

Kompas TV Malaysia Buka Pintu untuk Bank Indonesia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com