Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Suntik Modal Rp 500 Miliar untuk Bank Syariah Mandiri

Kompas.com - 23/11/2016, 16:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyuntik modal sebesar Rp 500 miliar kepada anak usahanya, Bank Syariah Mandiri.

Penyuntikan modal ini digunakan untuk memperkuat permodalan dan mendorong bisnis Bank Syariah Mandiri.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menjelaskan, dengan penambahan modal tersebut, maka rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Syariah Mandiri menjadi 14,5 persen. Sebelumnya, CAR Bank Syariah Mandiri mencapai 13,5 persen.

"Kami berniat meningkatkan Bank Syariah Mandiri untuk lebih berkiprah lagi lebih besar," kata Rohan di Plaza Mandiri, Rabu (23/11/2016).

Rohan menjelaskan, penambahan modal kepada Bank Syariah Mandiri sudah dimasukkan ke dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) Bank Mandiri pada tahun 2016. Suntikan modal ini pun tidak berpengaruh terhadap CAR Bank Mandiri yang saat ini di kisaran 20 persen.

Dengan penambahan modal, maka modal disetor Bank Syariah Mandiri menjadi Rp 2,49 triliun dengan jumlah saham Bank Mandiri sebesar 397,81 juta lembar saham. Adapun modal inti tercatat Rp 6,09 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Syariah Mandiri Agus Sudiarto mengungkapkan, penambahan modal dari induk usaha kepada Bank Syariah Mandiri sesuai dengan keinginan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator industri perbankan.

Selain itu, penambahan modal ini juga positif bagi Bank Syariah Mandiri maupun industri perbankan syariah. "Kami sedang menyelesaikan dokumen legalnya, tetapi (uang) fisiknya sudah masuk ke kami minggu lalu Rp 500 miliar," jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com