Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Tunggu Waktu Manajemen 7-Eleven untuk Lakukan Pertemuan

Kompas.com - 10/07/2017, 16:56 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku masih menunggu waktu dari pihak manajemen PT Modern Internasional Tbk (MDRN) untuk mengadakan pertemuan. 

Pertemuan tersebut diadakan untuk meminta penjelasan terkait tutupnya gerai 7-Eleven sejak akhir Juni kemarin. 

Hal itu disampaikan Enggartiasto saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (10/7/2017). 

Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) ini menuturkan, Kementerian Perdagangan belum mau ikut campur tangan permasalahan tutupnya gerai 7-Eleven.

Sebab, pihaknya perlu diskusi terlebih dahulu permasalahannya dan kemudian mencarikan solusinya. 

(Baca: Menurut Fitch Ratings, Ini Penyebab Tutupnya 7-Eleven di Indonesia)

"Saya tidak boleh intervensi. Ya sebagai kawan saya mau tanya, kami saling diskusi lah. Karena itu sebetulnya murni judgement dari pengusaha. Grup itu kami kenal," tutur dia.

Sebelumnya, Mendag Enggartiasto Lukita mengatakan akan melalukan pertemuan dengan manajemen PT Modern Internasional Tbk (MDRN).

"Akan bertemu dengan manajemen 7-Eleven. Belum (bertemu), lagi di luar negeri katanya. Saya kebetulan berkawan dengan pemiliknya. Kami akan ngobrol mengenai masalah bisnis, evaluasi kenapa. Kami ngobrol sebagai teman dan sahabat," jelas dia. 

Dalam hal ini, Direktur PT Modern Internasional Tbk Chandra Wijaya menjelaskan, penutupan seluruh gerai 7-Eleven disebabkan keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perseroan untuk menunjang kegiatan operasional gerai 7-Eleven.

Dengan itu, manajemen PT Modern Internasional Tbk (MDRN) mengumumkan menutup seluruh gerai 7-Eleven di Indonesia per 30 Juni 2017.

(Baca: Salah Langkah Sevel di Mata Pemerintah...)

Kompas TV Dalam negeri bisnis ritel indonesia mulai merasakan pahitnya dampak larangan menjual minuman alkohol di minimarket. Korban pertama yang harus menutup puluhan tokonya adalah mini market tempat nongkrong anak muda, 7 eleven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com