Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Hal yang Dirampungkan Jero Sebelum Pamit

Kompas.com - 25/08/2014, 14:06 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu menteri yang terpilih menjadi anggota DPR 2014-2019 adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik. Ada tiga hal utama yang akan dirampungkan Jero sebelum pamit dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Pertama, meresmikan Cepu. Belum sampai full scale, hanya baru bergulir jadi bisa produksi. Kemudian, ada Floating Storage (kapal) dengan volume 2 juta barrel. Selain itu, ada beberapa PLTU yang akan kita resmikan,” kata dia ditemui sebelum rapat dengan Komisi VII, DPR, Jakarta, Senin (25/8/2014).

Jero mengatakan, sebenarnya pengunduran dirinya dari jabatan Menteri ESDM itu adalah hal yang normal. Lima tahun yang lalu, dia bilang, juga mengundurkan diri dari jabatannya untuk dilantik sebagai anggota DPR.

“5 tahun yang lalu saya juga lakukan. Ini saya akan mengulang sejarah. 5 tahun yang lalu saya terpilih jadi anggota DPR. Kalau tidak salah Keppres-nya keluar 29 September 2009, waktu itu kami ada 4 orang,” kata dia.

Sebagai informasi, sejumlah menteri akan meninggalkan kabinet pemerintahan Presiden SBY sebelum masa pemerintahan berakhir pada 20 Oktober. Pasalnya, beberapa menteri terpilih menjadi anggota DPR dan akan dilantik pada 1 Oktober.

Untuk itu, mereka akan mengajukan surat pengunduran diri. Salah satunya yang memastikan diri akan mengundurkan diri adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik. Jero terpilih sebagai anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai Demokrat.

Selain Jero, menteri-menteri lain yang juga terpilih menjadi anggota DPR adalah Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com