Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Gandeng Korea Selatan Berikan Pelatihan untuk UKM

Kompas.com - 14/07/2016, 19:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menggandeng Korea Selatan untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada UKM-UKM yang ada di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menjelaskan salah satu pelatihan yang diberikan adalah cara membuat roti sesuai dengan standar Korea. Menurut Puspayoga roti dari Korea Selatan terkenal paling enak di dunia.

"Kami dilatih untuk membuat roti yang standarnya Korea yang rasanya disukai Korea. Karena apa kalau sudah dilatih, nanti produknya kita minta dieskspor ke Korea," katanya dalam konferesi pers di Gedung SMESCO, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Puspayoga menuturkan dengan adanya pelatihan-pelatihan dari Korea Selatan akan menjadi nilai tambah dari produk-produk yang diproduksi oleh UKM di Indonesia.

Ia juga mengungkapkan nantinya jika diekspor maka juga akan memperkenalak UKM-UKM di Indonesia.

"Korea juga besok mulai cari lokasi untuk pelatihan-pelatihan itu. Ini untuk meningkatkan nilai tambah UKM kita," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Menteri UKM Korea Selatan ILho Kim mengatakan pihaknya sangat senantiasa akan membantu Indonesia untuk memajukan UKM.

Apalagi Indonesia telah menjalin hubungan kerja sama dan sudah menjadi sahabat Korea Selatan sejak lama.

"Selain memberikan pelatihan, kami juga akan melakukan pertukaran pelajar untuk dapat lebih memahami lagi kebudayaan masing masing negara. Saya harap ini akan terus berlangsung dengan baik dan dapat mencetak sejarah," pungkasnya.

Kompas TV LPDB Tak Bisa Kucurkan Kredit ke Daerah
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com