Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Bahan Pokok yang Patut Diwaspadai Jelang Puasa

Kompas.com - 02/05/2017, 21:12 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan pokok jelang puasa dan lebaran sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, yang membuat pusing adalah kenaikan harga yang tidak terkendali.

Badan Pusat Statistik (BPS) menilai ada dua bahan pokok yang harus diwaspadai lonjakan harganya. Apalagi jelang puasa dan lebaran permintaan konsumen akan meningkat tajam.

"Kalau bicara lebaran, komoditas yang perlu diantisipasi adalah daging ayam dan sapi," ujarnya di Kantor BPS, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Menurut ia, daging ayam dan daging sapi menjadi bahan pokok yang paling patut diwaspadai. Sebab menilik tahun-tahun sebelumnya, harga kedua komoditas ini kerap meroket.

Pernyataan BPS itu sama dengan pernyataan Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi). Ketua Ikappi Abdullah Mansyuri kepada Kompas.com mengatakan, selain daging ayam dan sapi, bawang merah juga layak diwaspadai. Biasanya kenaikan harga bahan pokok itu terjadi mulai satu minggu jelang puasa dan puncaknya terjadi pada 3 hari jelang puasa.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) diharapkan sudah belajar dari kondisi tahun lalu. Saat itu, harga daging sapi sempat menyentuh Rp 150.000 per kg.

Data produksi jelang puasa dan lebaran harus diperkuat sehingga pemerintah bisa mengkalkulasi kebutuhan masyakarat dan stok yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com