Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Minta Juklak-Juknis Paket Kebijakan Segera Dirampungkan

Kompas.com - 14/06/2016, 14:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengatakan, pemerintah masih perlu berkoordinasi dalam menjalankan 12 paket kebijakan.

"Yang masih perlu ditindaklanjuti yaitu penjelasan atau implementasi yang dilaksanakan di lapangan. Apakah masih ada petunjuk teknis atau petunjuk pelaksanaan yang belum diselesaikan?," ucap Agus usai menghadiri rakor di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Lebih lanjut Agus menyampaikan, pemerintah juga perlu membuka sumbatan-sumbatan pelaksanaan di lapangan.

Terkait dengan sejauh mana dampak di lapangan, pemerintah hingga tingkat bawah perlu menyampaikan perkembangan paket kebijakan yang sudah berjalan.

"Apabila hal-hal ini dilakukan dan bisa dikomunikasikan secara teratur oleh pimpinan-pimpinan lembaga, itu pasti akan membuat sosialisasi paket kebijakan ini lebih optimal," imbuh Agus.

Agus menuturkan otoritas moneter tentu menyambut baik adanya 12 paket kebijakan yang dirilis pemerintah.

Pasalnya, ke-12 paket kebijakan itu bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat, mendorong pembangunan infrastruktur, serta menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif.

Kompas TV Prediksi BI: Inflasi Gak Akan Lebihi 0,2%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com