Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Kembali Gelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2016

Kompas.com - 24/10/2016, 20:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2016. Kegiatan tersebut digelar selama seminggu mulai dari 24 Oktober-30 Oktober 2016.

Sekretaris Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Surahmat mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Pada 2015 angka kematian akibat kecelakaan sebanyak 26.000 jiwa.

"Kami ingin mengurangi angka kematian akibat kecelakaan yang saat ini sudah berkurang menjadi 26.000 dari sebelumnya 28.000 jiwa per tahunnya," ujar Hendro dalam konferensi pers di Hotel Alila Jakarta, Senin (24/10/2016).

Hendro menuturkan, kegiatan ini lebih menyasar kepada anak-anak remaja. Karena, kecelakaan yang terjadi lebih didominasi dari kalangan remaja yang sebelumnya melakukan pelanggaran lalu lintas.

Menurut dia, Sebanyak enam sekolah SMP dan SMA akan mengikuti kegiatan tersebut.

"Kalau namanya kecelakaan berasal dari pelanggaran lalu lintas. Biasa, tidak pakai helm, kemudian naik motor boncengan berempat. Kemudian menyebrang tidak ditempat. Anak-anaknya juga diajak menyeberang sembarangan. Bahaya kan?," ucap dia.

Hendro mengungkapkan, Kemenhub juga telah melakukan beberapa upaya untuk menekan angka kecelakaan di Jalan.

Upaya tersebut antara lain, program Pembangunan ZoSS (Zona Selamat Sekolah), Program RASS (Rute Aman Selamat Sekolah) dan Program LRK (Lokasi Rawan Kecelakaan).

Hendro berharap, dengan adanya kegiatan tersebut angka kematian akibat kecelakaan akan berkurang sebesar 50 persen dari total angka kematian pada tahun lalu sebesar 26.000 jiwa.

Dalam kegiatan ini, Kemenhub juga menggandeng empat lembaga institusi yakni Korlantas Polri, Bappenas, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

"Perlu sinergi dari Kemenhub, Korlantas Polri, Bappenas, Kemenkes dan Kementerian PU-PR agar kegiatan berlangsung maksimal," tandas dia.

Sebagai Informasi, Pekan Nasional Keselamatan Jalan telah berlangsung sebanyak sembilan kali mulai dari tahun 2007.

Kegiatan ini juga berdasarkan seruan PBB dalam resolusi NO.A/Res/64/255 tentang Improving Global Road Safety untuk melaksanakan Global Safety Week.

Kompas TV Guru Tewas akibat Tabrak Mobil Bermuatan Kelapa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com